Mengenal apa itu termux - UrlSafelink
News Update
dagoan kedeng

Kamis, 10 September 2020

Mengenal apa itu termux

Apa itu termux ?

Termux adalah emulator terminal Android dan aplikasi lingkungan Linux yang bekerja langsung tanpa rooting atau pengaturan yang diperlukan. Termux yang juga termasuk linux environment berbasis linux debian yang bisa mendukung perangkat dengan basic 32bit dan 64bit dengan dijalankan pada OS android versi 5.0 keatas.

Sebagai sebuah terminal emulator untuk android, Termux memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan terminal emulaotr yang lainnya. Yakni perbedaan dimana dia memiliki paket tersendiri yang memiliki banyak sekali kegunaan. Dan ya, beberapa diantaranya adalah mengoperasikan linux di android dan bahkan bisa melakukan hacking atau defacing sebuah website.

Namun perlu dipahami bahwa Termux ini hanya bisa di-install di memori Internal. Karena memori External biasanya memiliki format FAT32 atau exFAT. Yang berarti tidak support untuk mengizinkan unix (unix permissions) dan beberapa file khusus misalnya sockets atau symlinks. Dan lagi, sistim Android memaksa menggunakan noexec mount untuk penyimpanan user yang berarti pengguna tidak bisa menjalankan binaries.

Termux Untuk Hacking?

Apakah aplikasi Termux ini bisa digunakan untuk hacking sebuah website? Ya, bisa! Termux sangat bisa digunakan untuk menghack sebuah website dengan menggunakan beberapa tools tambahan pada Andoroid dan Chrome antara lain adalah Hydra, Metasploit Framework, Nmap, Bettercap, Slowloris, dan Sqlmap.

Namun, pada ulasan kali ini kita tidak akan membahas bagaimana cara hacking website. Atau bagaimana cara deface website. Kalian bisa plajari itu di postingan saya berikut nya, saya akan buat kan khusus teknik2 sederhana cara hacking menggunakan termux.



Bagaimana cara menggunakan termux

Termux memiliki syntax code berbasis shell, jika kalian sudah terbiasa menggunakan command line / terminal pada linux, maka termux ini sama persis. Namun jika kalian terbiasa menggunakan cmd pada windows maka akan tidak akan terlalu sulit untuk menggunakan termux.

Contoh sederhana. di dalam termux ada beberapa folder dan juga file, printah untuk membuka folder kalian cukup ketikan CD (nama folder) dan jika ingin membuka sebuah file, maka harus di ketahui terlebih dahulu jenis file yang di maksud.

Contoh jika file yang di maksud berupa file .txt maka printah untuk membuka nya dengan mengetikan nano (nama file). Nano itu sendiri adalah sebuah tools untuk mengedit suatu file. Ketikan printah (pkg install nano) untuk menginstall tools nano. Dan masih banyak lagi tools2 pada termux, dan kalian bisa mencari nya di source code github termasuk tools untuk hack sebuah website.



Pandangan terhadap termux

Banyak orang beranggapan bahwa termux adalah sebuah aplikasi untuk seorang hacker. jelas salah ! Termux ini banyak sekali kegunaan dan manfaat nya, khusus nya untuk orang2 yang bergelut di bidang teknologi. Namun tidak hanya itu saja, bahkan siapa pun bisa menggunakan aplikasi termux ini, apalagi jika kalian adalah seorang web developer, Termux bisa digunakan untuk menginstall CLI dari sebuah framework, sehingga bisa kalian gunakan hanya dengan handpone saja.

Share with your friends

Give us your opinion

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done